Apa Ya Perbedaan dari Kata Royal dan Loyal dan Penerapannya

   Apa ya Perbedaan dari kata Royal dan Loyal dan penerapannya

  
Royal dan Loyal, penyebutan dua kata ini hampir mirip kadang saya juga sering salah penyebutan bahkan penggunaannya, padahal arti dan maknanya sangat jauh berbeda. Dalam kamus besar Bahasa Indonesia Loyal artinya patu atau setia. Loyal itu suatu sikap atau sifat setia dari seseorang atau kelompok terhadap sesuatu. Dalam dunia kerja ataupun organisasi loyal biasa digunakan bahkan sebagai slogan-slogan perusahaan, misalnya seperti kalimat “loyalitas tanpa batas” yang berarti kesetiaan yang tidak ada batasnya.

Penerapannya dalam dunia kerja, loyalitas ini sangat dibutuhkan bagi karyawan bahkan oleh para pemimpin baik perusahaan maupun lembaga kepemerintahan, kepatuhan mengikuti ketetapan dan aturan yang berlaku di lingkungan kerja.

Loyalitas berasal dari kata dasar “loyal” yang berarti setia atau patuh, loyalitas berarti mengikuti dengan patuh dan setia terhadap seseorang atau system/peraturan. Istilah loyalitas ini sering didefinisikan bahwa seseorang akan disebut loyal atau memiliki loyalitas yang tinggi jika mau mengikuti apa yang diperintahkan. Perusahaan pun akan dengan mudah memberi label “tidak loyal” kepada karyawannya jika karyawannya tersebut tidak mengikuti apa yang diperintahkan oleh perusahaan, misalnya tidak mau kerja lembur atau tidak mengikuti suatu kegiatan yang diminta oleh perusahaan meski pekerjaan/kegiatan tersebut diluar jam kerja.


Royal, loyalitas karyawan, cara menjadi karyawan loyal


Loyalitas bukan hanya sekedar berapa lama seorang bertahan, tapi seberapa patuh dan tulus dalam melakukan pekerjaan, misalnya disiplin dalam bekerja, patu dan taat pada system di perusahaan, selalu memberikan yang terbaik yang dapat dilakukannya kepada perusahaan.

Karyawan hanya akan loyal terhadap perusahaan tempatnya bekerja jika menemukan kenyamanan dan rasa aman. Dia merasa nyaman dengan lingkungannya, dengan sikap atasan atau rekan kerjanya, merasa aman dengan masa depannya, karir dan pekerjaannya. Rasa nyaman ini dengan sendirinya akan menumbuhkan kedekatan, kebahagiaan dan rasa memiliki. Sementara bekerja dan memiliki pekerjaan adalah salah satu cara untuk mendapatkan rasa aman. Jika kedua hal tersebut ada, maka dengan sendirinya loyalitas karyawan akan meningkat.

Seorang pemimpin juga butuh menjadi loyal, patuh dalam mengikuti system dalam perusahan miliknya sendiri misalnya, memberikan hak-hak dari karyawan yang bekerja sama dengannya, memberikan hak istirahat, fasilitas yang menjadi hak karyawannya, upah yang juga menjadi hak karyawan sesuai dengan kontrak kerja yang sudah disepakati bersama.

Sementara Royal merupakan suatu hal yang berlebihan, misalnya dalam mengeluarkan uang, dalam rangka makan minum. Royal juga artinya melampaui batas. Royal menggambarkan seseorang yang suka berlebihan mengeluarkan uangnya untuk apa saja,

Royal, loyalitas karyawan, cara menjadi karyawan loyal


Bagaimana sih bentuk loyalitas karyawan terhadap perusahaan?
Bagaimana cara menilai apakah seorang karyawan loyal terhadap perusahaan, berikut terdapat beberapa aspek yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengukur loyalitas karyawan diantaranya:

  1. Taat pada peraturan
  2. Tanggung jawab pada perusahaan/organisasi
  3. Kemauan untuk bekerja sama.
  4. Rasa memiliki
  5. Hubungan antar pribadi
  6. Kesukaan terhadap pekerjaan

SALAH SATU ARTIKEL MENJABARKAN BERIKUT CARA MENGATASI PENURUNAN LOYALITAS KARYAWAN


Penurunan loyalitas kerja sesuai dengan pengertian loyalitas karyawan bukan berarti akhir bagi hubungan karyawan dan perusahaan tempatnya bekerja. Sebuah perusahaan dapat mengatasi penurunan loyalitas kerja sesuai dengan pengertian loyalitas karyawan dengan mewujudkan harapan-harapan serta memenuhi kebutuhan-kebutuhan para karyawan yang sempat terabaikan sebelumnya. Beberapa cara mengatasi penurunan loyalitas kerja sesuai dengan pengertian loyalitas karyawan antara lain:

  • Memberikan gaji yang cukup
  • Memberikan kebutuhan rohani
  • Sesekali perlu menciptakan suasana santai
  • Menempatkan karyawan pada posisi yang tepat
  • Memberikan kesempatan pada karyawan untuk maju
  • Memperhatikan rasa aman untuk menghadapi masa depan
  • Mengusahakan karyawan untuk mempunyai loyalitas. Sesekali mengajak karyawan       berunding
  • Memberikan fasilitas yang menyenangkan

Dan walah, tentu saja di Roemah Robot akan selalu berupaya untuk memberikan kenyamanan kepada karyawanannya, royal terhadap karyawan yang loyal kepad pekerjaannya...


Gimana keRoyalan dan keloyalan Roemah Robpot terhadap karyawannya?
yah seperti pada pembahasa diatas Roemah Robor royal dalam hal pemberian hak staffnya, misalnya pemberian hak gaji dan penyiapan fasilitas bagi mereka, Loyal, loyal terhadapa sistem dalam pekerjaan, misalnya hak istirahat, hak izin tidak masuk kantor dengan alasan yang dapat diterima.

Baca di Cara Bergabung di Roemah Robot

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian dan Tugas seorang Web Administrator

Lowongan Kerja Teknologi Maju bersama Roeamah Robot ProAction