Pengertian dan Tugas seorang Web Administrator


Pengertian dan Tugas Seorang Web Administrator


Pengertian dan Tugas seorang Web Administrator



Secara umum tugas dari Web Administrator yaitu mengurusi hal-hal administrasi. Dalam dunia Internet, seorang administrator bertugas untuk mengelola hal-hal yang berhubungan dengan komputer. Kali ini saya mau ceritakan tentang apa saja sih job desk (tugas-tugasnya) web administrator di Roemah Robot ProAction.

Seorang Web Administrator bertugas dalam hal memaintenance atau memperbaiki suatu server, sehingga sebagai administrator seorang harus mengerti akan sistem operasi server baik instalasi sampai trobleshooting (masalah). Untuk itu seorang web administrator dituntut siap kapan saja saat dibutuhkan, misalnya saat server sedang error.

Singkat cerita tentang situs web kata Wikipedia, situs web adalah sekumpulan halaman web yang saling berhubungan dan umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi. Sebuah situs web biasanya akan ditempatkan pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti internet, ataupun jaringan area lokal (LAN) melalui alamat internet yang dikenal sebagai Uniform Resource Locator (URL).

Sedangkan gabungan atas semua situs yang dapat diakses oleh publik di internet disebut World Wide Web atau kita kenal dengan singkatan WWW. Baru tahuuu yah?


Di halaman-halaman web itu terdapat berkas yang ditulis sebagai berkas teks biasa dalam bentuk plain text yang diatur dan dikombinasikan sedemikian rupa dengan instruksi-instruksi berbasis HTML atau XHTML, kadang-kadang pula disisipi dengan sekelumit bahasa skrip. Berkas tersebut kemudian diterjemahkan oleh peramban web dan ditampilkan seperti layaknya sebuah halaman pada monitor komputer.


Katanya…. halaman-halaman web tersebut diakses oleh para pengguna internet melalui protokol komunikasi jaringan yang disebut dengan HTTP, sebagai tambahan untuk meningkatkan aspek keamanan dan aspek privasi yang lebih baik, situs web dapat pula mengimplementasikan mekanisme pengaksesan melalui protokol HTTPS.


Web programmer, web desainer, web administrator dan web master, adalah jenis-jenis profesi di bidang teknologi informasi yang saling berhubungan dan erat kaitannya dengan pengembangan aplikasi web.

Lalu perbedaan web programmer, web desainer, web administrator dan web master dalam fungsinya dalam pengembangan aplikasi web?

Web Designer adalah orang yang bertanggungjawab untuk menentukan tampilan sebuah website, yang mendesain seluruh layout atau tampilan dari website yang akan dikembangkan. Mulai dari gaya dan konsep desain yang diinginkan, penggunaan warna, jenis font, foto, elemen bidang geometri, pola, penempatan tombol, logo, dan sebagainya.

Tampilan dan susunan layout yang telah didesain oleh web designer bertujuan untuk memberikan harmonisasi dan menciptakan user experience yang baik bagi pengunjung website nantinya.  Dimana desain web tersebut merupakan referensi untuk web programmer.

Web Programmer adalah orang yang bertugas menulis struktur kode program web untuk merealisasikan desain layout yang dibuat oleh web designer. Dari sisi tampilan saja, web programmer juga harus memperhatikan berfungsinya tombol, link, integrasi dengan basis data dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan antar muka tampilan dan interaksi pengguna. Seorang web programmer menguasai bahasa pemrograman web server  dan juga script client seperti Ruby on Rails, PHP, .NET, Java dengan program Sublim, Editor PHP, Java Script, dan sebagainya.

Apabila website tersebut selesai dirangkai oleh web programmer, maka pengunjung dapat mengaksesnya dengan baik. Pengembangan aplikasi web merupakan upaya sistematis dan prosedural yang dikerjakan dengan team untuk mengembangkan sebuah aplikasi web, semacam facebook, bukalapak, twitter dan aplikasi web lainnya.


Nah,,,,,

kalau Web Administrator, seperti yang telah diceritakan diatas. Web administrator merupakan sebuah pekerjaan yang berkaitan dengan aplikasi web yang memfokuskan diri untuk memperbaiki sebuah server baik itu instalasi sampai dengan masalah trobleshooting pada komputer server. Web Administrator akan menjaga kelangsungan dan kelancaran dari server untuk tetap bisa menjalankan aplikasi web, sehingga jika terjadi problem/masalah pada server, web administrator harus siap untuk memperbaikinya.


Web Master adalah seorang yang mengerti akan kesemua hal mulai dari desain, program, dan keamanan server. Web Master hanya mempertanggunjawabkan atas jalannya suatu situs (web). Seorang web master dapat bekerja sebagai web designer, web programmer, atau web developer.


Tugas Web Administrator di Roemah Robot ProAction




Ajir, Alumni Teknik Elektro dari Universitas Negeri Makassar angkatan 2013 bertugas sebagai web administrator di Roemah Robot ProAction, berikut cerita si Ajir selama di Roemah Robot ProActionAjir yang memonitor perkembangan web melalui pendidikan berkelanjutan, membaca, atau partisipasi dalam konferensi profesional, workshop, atau kelompok  dan selalu update postingan di web

Dalam menentukan sumber halaman web atau masalah server, dan mengambil, tindakan untuk memperbaiki masalah tersebut sudah menjadi tanggungjawab si Ajir. Tindakan yang dilakukan Ajir dalam penyelesaian masalah dan pencegahan terjadinya error pada lama web yaitu dengan cara mem back up atau memodifikasi aplikasi dan data yang terkait untuk menyediakan pemulihan kerusakan.

Selama tidak ada kerusakan pada server kata Ajir, dia tetap meninjau atau memperbarui konten halaman web atau link pada waktu yang tepat dengan menggunakan tool-tool, tentu saja semua hal ini dilakukan dengan skill skill teknologi berbobot yang dimilikinya, dan terlatih selama bergabung dengan Roemah Robot ProAction.

Selain itu, Ajir memonitor sistem untuk intrusi atau serangan denial of service, dan melaporkan pelanggaran keamanan untuk personil yang tepat. Berikut kiiat-kiat lain yang dilakukan Ajir:

  1. Menerapkan langkah-langkah keamanan situs web, seperti firewall atau enkripsi pesan.
  2. Mengelola /back up internet / intranet infrastruktur, termasuk komponen seperti web,file transfer protocol (FTP), berita dan server mail.
  3. Berkolaborasi dengan tim pengembangan untuk membahas, menganalisis, atau menyelesaikan masalah kegunaan.
  4. Test backup atau pemulihan rencana secara teratur dan menyelesaikan masalah.
  5. Menerapkan update, upgrade, dan patch pada waktu yang tepat untuk membatasi hilangnya layanan.

Seperti yang telah dipaparkan pada tulisan-tulisan sebelumnya Roemah Robot ProAction tidak asal merekrut karyawan, sehingga saat ini, karyawan terbaiklah yang dapat bergabung

                               Sejarah Roemah Robot ProAction


mereka akan dengan sendirinya menjadi multifungsi dan multijob karena jumlah siswa melebihi jumlah tenaga pengajar, sehingga saat ini Ajir selain menjalankan tugasnya sebagai Web Administrator, juga membantu beberapa tugas dan tanggungjawab tambahan yang antara lain adalah:

  • Melakukan Support terhadap segala kebutuhan tim
  • Mencari informasi terupdate untuk KIT pembelajaran
  • Desain KIT
  • Desain logo, baju tim (kebutuhan tim)
  • Instruktur workshop


Mau bantu Ajir untuk menyelesaikan tugasnya dengan mudah dan beban kerjanya menjadi ringan, jangan ragu untuk ikut training bergabung di Roemah Robot ProAction.


Serunya bekerja sambal main-main laptop, kuy lah bergabung gengs. Tidak perlu punya skill yang khusus kok, tenang saja Roemahrobot akan mengikutkan training sampai bisa dan jago.

Lowongan Kerja 2020

Comments

Popular posts from this blog

Apa Ya Perbedaan dari Kata Royal dan Loyal dan Penerapannya

Lowongan Kerja Teknologi Maju bersama Roeamah Robot ProAction